Wastafel unik dari wajan

Di workshop, biasanya kami mencuci tangan menggunakan ember karena tidak terdapat wastafel. Tetapi akhirnya lantai menjadi becek dan kotor karena airnya tidak langsung terbuang ke saluran pembuangan, oleh karena itu saya berencana untuk memasang wasatafel di workshop. Setelah mengecek harga, ternyata wastafel yang berukuran paling kecil saja cukup mahal sehingga saya memutuskan untuk membuat sendiri wastafel. Kebetulan saya memiliki wajan bekas berdiameter 50cm yang sudah tidak terpakai dan menjadikannya wastafel. Berikut proses-proses pembuatannya.

BAHAN:

  1. Wajan bekas
  2. Pipa pembuangan wastafel
  3. Dynabolt 7x50mm 2 buah
  4. Self drilling screw
  5. Plat besi 3mm
  6. Pipa 3/4″,knee
  7. Lem pipa

ALAT:

  1. Las listrik
  2. Bor
  3. Gerinda tangan

CARA MEMBUAT:

1. Pertama-tama potong kedua pegangan wajan menggunakan gerinda potong karena kita tidak memerlukannya lagi.

2. Kita akan menggunakan plat besi 3mm sebagai bracket untuk wastafel. Buat bracket dengan mengikuti bentuk wajan dengan cara menekuk plat atau cara yang paling mudah adalah memotong plat menjadi beberapa bagian, meletakannya pada wajan lalu mengelasnya sehingga plat mengikuti bentuk wajan.

bracket wastafel wajan

Cara membuat bracket wastafel

Jangan lupa juga untuk membuat 2 lubang sebesar 7 mm pada bracket sebagai lubang baut.

IMG_0031

 

3. Selanjutnya pasang dynabolt pada tembok lalu pasang bracket hingga kencang dan kuat. Ketinggian wastafel umumnya sekitar 80-85 cm dari permukaan lantai.

Cara memasang bracket wastafel

IMG_0038

 

4. Selanjutnya pasang wajan pada atas bracket. Gunakan self drilling screw/sekrup dengan mata bor untuk memasang wajan pada bracket. Pasang 2 atau 3 buah sekrup agar kuat.

IMG_0043

Self drilling screw

IMG_0039

IMG_0041

 

5. Setelah wastafel wajan terpasang, saatnya untuk membuat drainase wastafel. Pertama-tama lubangi bagian tengah panci menggunakan mata bor 6mm sebagai lubang baut, lalu buat beberapa lubang disekelilingnya sebagai tempat untuk mengalirkan air.

IMG_0045

Selanjutnya pasang pipa pembuangan wasafel. Biasanya pada pipa ini terdapat karet untuk mencegah kebocoran pada wastafel, tetapi  karena saya kehilangan karet tersebut saya menggunakan dow corning/lem kaca sebagai penggantinya.

IMG_0055

Cara mengatasi kebocoran wastafel

IMG_0013

Baut pengunci pipa wastafel

 

6. Langkah terakhir adalah menyambung pipa pembuangan tersebut ke saluran pembuangan dan memasang pipa air pada atas wastafel lalu test apakah ada kebocoran. Sebaikanya luangkan waktu lebih untuk membersihkan sambungan-sambungan pipa menggunakan amplas dan beri cukup lem agar tidak terjadi kebocoran, karena jika terdapat kebocoran pipa yang sudah dilem akan sangat susah atau bahkan tidak bisa dilepas sehingga kamu harus memotongnya.

Saluran pembuangan wasafel

Saluran pembuangan

Wastafel industrial dari wajan

Unik kan? Wajan ini sangat cocok buat yang menyukai design bergaya industrial 😀 Jangan lupa untuk share wastafel buatanmu di facebook kami www.facebook.com/pakeotac

Tags: , , , , , ,