Disc sander adalah alat amplas yang sangat agresif (bisa menghabiskan benda yang diamplas dengan cepat) yang saya sarankan untuk dimiliki. Dengan menggunakan disc sander, kamu bisa membuat bentuk lingkaran atau mengurangi potongan dengan cepat dan rata. Dulu awalnya saya berpikir kalo alat ini gak penting-penting amat karena saya sendiri sudah punya gerinda & mesin amplas. Disc sander ini saya buat dengan menggunakan mesin circular saw 7 ¼” murahan yang sudah gak dipakai lagi. Di artikel ini saya tidak terlalu menjelaskan secara detail step by stepnya karena ini bisa dibilang gak sengaja buatnya.

Cara membuat:

1. Pertama-tama saya potong cover pelindungnya menggunakan gerinda karena ini sudah fix dan gak bisa dilepas.

Rubah mesin serkel jadi disc sander

 

2. Saya menggunakan mdf 18mm + 6mm yang di press menjadi satu. Setelah itu saya buat lingkaran dengan diameter 26cm menggunakan jigsaw, untuk potongan pertama gak perlu harus benar-benar bundar karena nanti akan di bubut ulang dengan pahat. Setelah itu saya membuat lubang tengah sebesar as tengah untuk meletakan pisau potong.

Arbor circular saw

Arbor mesin akan masuk ke dalam lubang pada mdf ini

Pastikan kepala baut rata atau dibawah permukaan mdf supaya saat kertas amplas dipasang tidak menonjol. Lalu kencangkan baut pengunci.

Roda untuk disc sander

 

3.  Saya membuat dudukan mesin dari kayu dan mengunci mesin menggunakan bracket yang saya buat dari plat 3mm yang dilas. Setelah circular saw terpasang dengan kuat dan tidak goyang nyalakan mesin dan bubut roda nya hingga benar-benar bundar.

dudukan mesin disc sander homemade

Cara membuat disc sander

Bracket berwarna hitam di foto adalah pengunci circular saw yang saya buat. Dan dikunci menggunakan baut 8mm.

 

4. Untuk meja atau tempat material yang akan diamplas diletakan saya menggunakan plywood 15mm yang dibuat bisa dimiring-miringkan. Mekanisme untuk memiringkannya cukup simple, pasang 2 baut yang berfungsi sebagai engsel/pivot. Saya membuat knob kayu dan baut 8mm panjang sebagai pengunci kemiringan.

Meja disc sander

knob kayu pengunci

 

5. Cover penutup atas terbuat dari plat besi 0.9mm dan MDF.

 

Ini adalah penampakan akhir dari disc sander homemade saya. Saya tetap menggunakan switch asli untuk menyalakan atau mematikannya.

buat sendiri disc sander

Cara membuat mesin disc sander

Modifikasi mesin disc sander