Tensioner rantai motor

Bagi yang tiap hari berkendara menggunakan sepeda motor, selain mesin bagian-bagian lain pada sepeda motor juga perlu perawatan berkala, salah satunya rantai. Fungsi rantai adalah meneruskan putaran dari mesin ke roda belakang, rantai terus bergerak selama sepeda motor berjalan sehingga lama-kelamaan rantai akan menjadi kendor dan perlu disetel. Menyetel rantai jika terlalu kencang akan merusak rantai tersebut, dan jika terlalu kendor maka rantai akan menjadi berisik dan bahkan terlepas dari gir. Oleh karena itu kamu bisa menambahkan tensioner/stabilizer pada rantai sepeda motormu sehingga tidak perlu lagi menyetel kekencangan rantai. Membuat tensioner rantai  cukup mudah dan cepat. Berikut cara-caranya.

BAHAN:

  1. Roda bekas koper atau sepatu roda/skateboard
  2. plat besi 2mm
  3. per kecil
  4. Baut 6mm dan mur nylon lock

ALAT:

  1. Bor & mata bor 6mm
  2. gerinda potong

GAMBAR PERENCANAAN:

plan tensioner

CARA MEMBUAT:

1. Pertama-tama siapkan 4 buah plat dengan panjang masing-masing sekitar 4cm. Lalu buat lubang 6mm pada ujung plat, lalu tekuk plat hingga  membentuk sudut 90º. Saya menekuk plat dengan cara menjepitkan plat tersebut pada ragum, lalu memukulnya dengan menggunakan palu besar hingga tertekuk.

DSC08314

 

2. Setelah itu siapkan juga plat dengan panjang 3cm lalu las pada kedua plat yang sudah kita tekuk tadi. Ini adalah braket yang berfungsi untuk mengunci tensioner pada arm/lengan ayun sepeda motor.

braket tensioner rantai

 

3. Setelah itu siapkan plat dengan panjang 6cm lalu las pada bagian tengah salah satu braket yang sudah kita buat sebelumnya.

DSC08321

 

4. Untuk roller, jika kamu menggunakan roda bekas koper seperti ini, kamu perlu sedikit memodifikasinya karena ujung rodanya yang kecil akan membuat nya selip dari rantai. Untuk itu saya memotong karet bagian luar roda dengan menggunakan gergaji sehingga saya mendapatkan roller dengan permukaan yang lebih lebar. Jika kamu menggunakan roda bekas skateboard atau trolley, kamu tidak perlu memotongnya lagi karena permukaan yang sudah cukup lebar.

DSC08302

DSC08309

roller tensioner dari koper bekas

 

5. Setelah itu kamu bisa merakit seluruh bagian yang telah kita buat dengan menggunakan baut. Kita akan memasang roda pada plat dengan panjang 8cm.

DSC08331

Jangan mengencangkan baut terlalu kencang karena bagian ini akan bergerak mengikuti naik turunnya rantai. Dan juga gunakan mur nylon lock untuk mengunci baut agar tidak mudah terlepas.

DSC08330

Selanjutnya pasang roda dan per. Saya mendapatkan per ini dari kipas angin sudah rusak. Jika kamu kesulitan mendapatkan per seperti ini, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan karet pentil ban. Karet pentil ban memiliki fleksibilitas tinggi dan juga sangat kuat.

buat sendiri tensioner sepeda motor

 

6. Langkah terakhir adalah memasang nya pada sepeda motor, tetapi sebelumnya kamu bisa mengecatnya dulu agar terlihat lebih bagus di sepeda motormu. Pasang tensioner pada arm motor lalu kunci menggunakan baut 6mm hingga kencang. Periksalah pergerakan tensioner, apakah dapat kembali dengan lancar setelah ditekan kebawah, jika yA makan tensioner ini akan bekerja dengan baik!

tensioner rantai motor homemade

Per akan menarik roller dan roller mendorong rantai sehingga kekencangan rantai akan selalu diatur dengan sendirinya.

 

Tags: , , , ,