Tempat kaleng pilox

koleksi pillox yang berantakan

Mengecat menggunakan pillox terkadang bisa lebih hemat dibandingkan menggunakan cat nc/pu yang harus dicampur menggunakan thinner,menggunakan kompressor dan setelah digunakan harus membersihkan spray gun/penyemprot cat menggunakan thinner. Jika hanya mengecat bidang yang tidak terlalu luas, cat pillox lebih efektif, kualitasnya pun tidak kalah bagus jika dikerjakan dengan langkah yang tepat. Saya memiliki banyak varian pillox yang berbeda sehingga terkadang susah mencari warna nya. Oleh karena itu saya membuat tempat/organizer untuk pillox agar rapi dan mudah memilih warna yang dibutuhkan. Cara membuatnya sangat mudah dan cepat.

BAHAN:

  1. Plywood 12mm atau 15mm
  2. Lem kayu
  3. Sekrup

ALAT:

  1. Bor/cordless drill
  2. Gergaji/circular saw

PERSIAPAN:

dimensi cat kaleng semprotGambar disamping ini adalah dimensi tempat pillox yang akan kita buat. Terdapat 3 rak untuk pillox yang satu rak nya dapat memuat 5 kaleng pillox.

Kamu dapat menambah sendiri jumlah rak atau panjang rak sehingga dapat memuat lebih banyak cat..

Saya membuat hanya 3 rak dan pada bagian bawah digunakan untuk meletakan cat kalengan dan tempat kuas.

Cara membuat:

1. Pertama-tama potong plywood/triplek sesuai ukuran menggunakan gergaji atau mesin circular saw untuk mendapat potongan lebih rata dan cepat.

P2190009

 

2. Setelah itu rakit semua bagian. Jangan lupa untuk memberi lem kayu terlebih dahulu.

P2190011

Saya memasang menggunakan brad nail/paku tembak untuk mempermudah pemasangan. Setelah itu baru menyekrupnya.

Cara membuat rak kaleng semprot

 

3. Setelah itu pasang rak untuk meletakan kaleng pillox dengan poisisi miring. Bagian ini dibuat miring agar pillox tidak mudah jatuh dan dapat diambil dengan mudah. Sebelum menyekrup rak, cobalah terlebih dahulu apakah jarak nya tidak terlalu sempit/lebar sehingga kaleng pillox mudah dikeluarkan dan dimasukan.

P2190015

rak kaleng semprot hampir jadi

 

4. Langkah terakhir adalah memberi finishing pada plywood dan menggantungnya pada tembok. Setelah finishing kering kita bisa menggantungnya pada tembok dan meletakan pillox.

rak kaleng semprot/pillox

organizer pillox

 

Sekarang tempat kerja menjadi jauh lebih rapi dan mudah untuk memilih warna pillox yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk share pada teman-teman kamu yang membutuhkan!