Stand/tiang kayu untuk logo pameran

stand/tiang logo pameran

Pada tutorial kali ini Blessme_artwork akan menunjukan secara detail bagaimana cara membuat stand/tiang penyangga untuk logo atau papan nama yang kuat dan rapi. Tiang ini dibuat menggunakan kayu bangkirai. Selain digunakan untuk menggantung logo, kita juga bisa menggunakan tiang ini sebagai gantungan untuk jaket atau baju dirumah. Berikut cara-cara pembuatannya.

Bahan:

  1. Kayu batang 4x5cm panjang 150cm
  2. Kayu batang 4x5cm panjang 60cm (2 batang)
  3. Kayu batang 4x5cm panjang 25cm (4 batang)
  4. Cat
  5. Sekrup drywall

Alat:

  1. Mesin serut kayu (planner)
  2. Belt sander
  3. Gergaji
  4. Circular saw
  5. Table saw
  6. Pahat kayu
  7. Meteran
  8. Palu kayu
  9. Bor
  10. Siku
  11. Mitre jig
  12. Pocket hole jig

Persiapan :

1. Pertama-tama ukur dan potong kayu sesuai dengan panjang yang dibutuhkan menggunakan mesin gergaji, dengan menggunakan mesin gergaji maka hasil potongan kayu akan menjadi lebih rata dan siku.

DSC08923 copy

 

2. Setelah semua ukuran kayu telah disiapkan, haluskan seluruh permukaan kayu menggunakan belt sander. Beda belt sander dengan mesin amplas lainnya adalah lebih cepatnya proses pengamplasan, tetapi jika tidak hati-hati menggunakannya bisa merusak permukaan kayu menjadi tidak rata.

DSC08922 copy

 

Membuat kaki Stand

1. Setelah itu kita akan membuat kaki dari tiang terlebih dahulu. Siapkan 2 potongan kayu dengan panjang 30cm, lalu kita akan menggabungkannya dengan metode lap joint. Caranya adalah memberi coakan pada bagian tengah kayu hingga kira-kira setengah bagian kayu. Cara yang paling praktis adalah menggunakan mesin table saw, karena kita akan mendapatkan potongan yang rata dan presisi.

lap joint kaki tiang

DSC08930 copy

 

2. Selanjutnya cobalah untuk menggabungkan potongan kayu tersebut.

cara membuat kaki tiang

DSC08935 copy

 

3. Setelah itu buat coakan sedalam kurang lebih 1cm pada bagian tengah X menggunakan mesin router/trimmer. Coakan ini berfungsi sebagai tempat untuk meletakan tiang kayu.

DSC08942 copy

DSC08943 copy

Membuat tiang

1. Siapkan kayu dengan panjang 150cm lalu pada bagian ujung, beri coakan sepanjang 1cm menggunakan gergaji tangan dan pahat. Coakan ini nanti akan masuk ke dalam coakan pada kaki yang tadi telah kita buat sebelumnya. Sebenarnya bisa saja kita memasang tiang langsung tanpa membuat coakan/joint seperti ini, tetapi hasil akhirnya tiang akan menjadi mudah goyang dan bengkok.

DSC08940 copy

DSC08941 copy

 

2. Jika sudah, pasang kaki pada tiang. Jangan lupa memberikan lem kayu agar lebih kuat.

DSC08949 copy

DSC08944 copy

Setelah itu pastikan posisi pada kaki dan tiang telah siku 90º.

DSC08946 copy

lalu sekrup pada bagian tengah menggunakan sekrup drywall.

DSC08950 copy

Selanjutnya pasang bagian kaki tiang lainnya,beri lem lalu sekrup.

DSC08951 copy

cara membuat tiang/stand logo pameran dari kayu

Walaupun terlihat sudah selesai, tiang ini masih kurang kuat dan mudah dibengkokan, sehingga kita harus menambahkan penyangga atau support pada setiap sisi tiang dan kaki tiang.

 

3. Siapkan potongan-potongan kayu dengan panjang 25cm lalu potong setiap ujung dengan kemiringan 45º menggunakan mitre jig.

cara mudah memotong kayu menggunakan mitre jig

cara memotong kayu 45 derajat

 

4. Langkah terakhir adalah memasang ke 4 penyangga ini pada tiang menggunakan lem dan sekrup. Jangan lupa untuk memastikan tiang dan kaki sudah siku 90º. Saya juga menambahkan sekrup pada bagian samping dengan menggunakan pocket hole sehingga tiang penyangga ini menjadi sangat kuat.

membuat sendiri tiang dengan 4 kaki penyangga

DSC08960 copy

DSC08961 copy

Tiang kayu ini sudah selesai, kita tinggal mengecat untuk mempercantik tampilannya lalu kita bisa menggunakannya.

tiang logo untuk pameran dan bazaar

 

Bagi teman-teman yang ingin memesan tiang/stand untuk logo pameran atau bazaar, kalian bisa memesan langsung dari kita dengan menghubungi via:

Line: blessme_artwork

instagram: @blessme_artwork

BBM: 56fef8d5

Tags: , , ,