Membuat Meja Workshop

Kalau kamu sering membuat sesuatu, apapun itu, kamu wajib memiliki meja untuk bekerja. Kebanyakan orang asia (tidak semuanya), khususnya orang dibidang teknik mengerjakan sesuatu di bawah/lantai. Kalau tidak percaya perhatikan tukang las / tukang kayu di daerah mu, entah mengapa kebanyakan dari mereka tidak menggunakan meja untuk mengerjakan sesuatu, mungkin juga karena mereka sudah terbiasa seperti itu. Bekerja di atas meja sebenarnya lebih efisien dan tidak melelahkan, jadi kalau kamu belum punya meja di bengkel/workshopmu mari kita membuatnya bersama-sama!

BAHAN-BAHAN:

Tebal dan lebar kayu yang digunakan adalah 4 x 6 cm

  1. Kayu panjang 3 meter (4 batang)
  2. Kayu panjang 80cm (6 batang)
  3. Kayu panjang 50cm (4 batang)
  4. Kayu panjang 56cm (2 batang)
  5. Kayu panjang 44cm (3 batang)
  6. Multiplex 18mm
  7. Sekrup drywall

ALAT:

  1. Circular saw atau gerjagi kayu tangan bila tidak punya
  2. Mesin jigsaw atau mata gergaji besi bila tidak punya
  3. Kikir kayu
  4. Obeng
  5. Bor
  6. Lem kayu
  7. Pahat kayu
  8. Palu kayu

PERSIAPAN:

design meja workshopp

Gambar diatas adalah rancangan design meja yang akan saya buat. Karena diletakan di ruangan yang tidak terlalu besar, maka ukuran meja ini saya buat tidak terlalu lebar yaitu 50cm, kamu bisa merubah sendiri lebar dan panjang meja sesuai ukuran workshop mu. Tinggi ideal meja biasanya mulai dari 70cm hingga 80cm, jangan membuat meja lebih tinggi dari itu karena akan mempengaruhi kenyamanan saat bekerja. Untuk mendapatkan meja yang kokoh dan tidak mudah rusak, kita perlu membuat joint(sambungan) tiap kayu. Saya menggunakan teknik mortise dan tenon untuk bagian kaki dan lap joint untuk sambungan lainnya. Mungkin kamu bertanya, bagaimana kalau membuat meja dari kayu tanpa menggunakan joint? Membuat meja tanpa menggunakan joint bisa saja dilakukan, tetapi meja akan tidak kokoh dan mudah goyang karena kekuatan kayu bertumpu hanya pada sekrup.

CARA MEMBUAT:

1. Pertama-tama kita akan membuat frame bagian atas terlebih dahulu. Siapkan kayu berukuran 3 meter (2 buah) dan 5o cm (2 buah) lalu buat lap joint pada setiap ujung kayu menggunakan gergaji dan pahat. Pastikan ukuran kedalaman sambungan (joint) pas, sehingga kayu akan rata satu sama lain saat disambungkan.

cara membuat joint kayu

Setelah seluruh joint telah dibuat, beri lem kayu pada bagian yang akan disambung, lalu pasang sekrup.

DSC03991lemsekrup sambungan

Gunakan penggaris siku untuk memeriksa kesikuan sambungan. Agar hasil frame rapi dan proporsional pastikan seluruh sambungan antara satu dengan yang lain telah siku 90.

DSC03994

DSC03989

Frame atas selesai!

 

2. Langkah selanjutnya adalah membuat kaki meja. Siapkan 6 buah kayu berukuran 80cm.

MEMBUAT TENON:

Pertama-tama buat tenon pada ujung kayu. Beri tanda menggunakan pensil bagian yang akan di potong, lalu gunakan gergaji,pahat dan kikir untuk membuat tenon.

cara membuat tenon

DSC04004kikir tenon

MEMBUAT MORTISE:

Mortise berfungsi sebagai slot untuk tenon, ukuran mortise harus sama seperti tenon agar kaki meja dapat terpasang dengan pas dan tidak goyang. Kaki meja ini akan kita pasang sekitar 16cm dari ujung frame atas (yang tadi kita buat pertama kali). Buat tanda sebesar tenon menggunakan pensil.

cara membuat mortise dan tenon

Setelah itu buat beberapa lubang menggunakan mata bor 8mm di dalam garis. Lubang ini kita buat agar mata gergaji dapat masuk.

DSC04010

Setelah itu potong bagian dalam garis menggunakan mesin jigsaw atau gergaji besi. Ratakan hasil potongan yang tidak rapi menggunakan kikir kayu.

DSC04013

Gunakan cara yang sama untuk kelima kaki meja lainnya. Jika sudah, beri lem kayu pada sambungan, lalu pasang kaki tersebut pada slot nya masing-masing.

DSC04025

Kaki meja selesai!

 

3. Setelah kaki meja dibuat, kita perlu membuat frame untuk bagian bawah agar meja lebih kokoh. Frame bagian bawah ini akan dihubungkan pada setiap kaki meja menggunakan lap joint. Siapkan 2 batang kayu berukuran 3 meter. Lalu beri tanda bagian yang akan di potong/pahat.

DSC04026pahat frame bawah

Jika sudah, beri lem dan sekrup kayu pada kaki meja. Posisi kayu ini saya letakan sekitar 18cm dari bawah. Lakukan cara yang sama untuk sisi satunya.

DSC04038

Selanjutnya, siapkan kayu berukuran 56cm, lalu pasang di antara kedua kayu yang telah terpasang pada kedua sisi kaki meja.

DSC04046

 

4. Untuk memperkuat bagian bawah meja, tambahkan 3 buah palang penghubung antara kaki meja. Siapkan 3 buah kayu berukuran 44cm, lalu pasang diantara kedua sisi kaki-kaki meja.

DSC04053

 

5. Setelah seluruh frame bagian bawah selesai, kita perlu menambah palang penghubung untuk frame bagian atas. Selain untuk menambah kekuatan frame, palang-palang ini akan berguna untuk menopang papan atas meja (table top). Siapkan dua buah kayu berukuran 50cm, buat lap joint pada frame dan palang kayu agar saat dipasang palang ini akan rata dengan frame.

DSC04049

DSC04051

 

5. Setelah seluruh rangka meja selesai dibuat, amplas permukaan kayu, lalu beri cat atau woodstain (pelitur) agar tidak mudah rusak terkena air.

cara membuat rangka meja kayu

 

6. Langkah terakhir adalah memotong multiplex sesuai ukuran meja atas dan bawah dan memasangnya dengan sekrup.

DSC04128

DSC04124

Walaupun proses pembuatannya cukup memakan waktu karena pembuatan joint, hasil akhir dari meja ini cukup memuaskan. Sekarang kita dapat membuat sesuatu diatas meja yang kokoh dan rapi 😀

Tips: Supaya meja kerjamu tidak dipenuhi oleh alat-alat perkakas, kamu perlu membuat organizer alat perkakas sehingga hasil bengkel/workshop anda bisa lebih rapi.

cara membuat meja workshop atau meja kerja

Tags: , , ,