Membuat kanopi sendiri

DSC01370Hampir di setiap rumah terdapat kanopi untuk menahan hujan atau panas, baik itu untuk penutup teras, parkiran mobil atau bahkan jemuran.  Bagaimana bila kanopi  lama anda sudah rapuh termakan usia atau berkarat dan keropos karena tidak dilapisi dengan cat? Tentu saja anda bisa membuatnya sendiri dirumah bermodalkan alat las dengan watt kecil dan gerinda untuk memotong besi.

Dengan membuat kanopi sendiri  tentu saja kita bisa menghemat cukup banyak uang karena kita tidak perlu membayar ongkos untuk tukang las. Dibawah ini akan dijelaskan panduan untuk membuat kanopi minimalis dengan perkiraan biaya kurang dari 1 juta. Semuanya dapat mengerjakan nya sendiri asal mau mencoba dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini.

Persiapan

Pertama-tama, sebelum membeli bahan disarankan untuk menggambar desain kanopi yang akan dibuat pada kertas dan mengukur dimensinya dahulu.

plan kanopiGambar disamping adalah desain kanopi dan dimensi yang akan saya buat dengan rincian:
A (tiang depan) = 2 meter
B (tiang belakang)=2,2 meter
C (palang untuk penghubung tiang)=3,6 meter
D(palang untuk dudukan atap)=2,5 meter
Dan plat besi kotak dengan ukuran 6x6cm dan 2 buah lubang sebesar 8mm akan di las pada ke bagian bawah empat tiang yang berfungsi sebagai dudukan/pengikat yang nantinya akan di baut menggunakan dynabolt.

Bahan

  1. Besi siku 4x4cm dengan ketebalan 3mm
  2. Besi hollow 3.5×3.5cm dengan ketebalan 1.3mm
  3. Plat 3mm
  4. Plat 1mm
  5. Atap seng gelombang
  6. Dynabolt 10×50 mm
  7. Selft drilling screw (sekrup bor untuk memasang atap)
  8. Cat epoxy(cat dasar)
  9. Cat warna
  10. Thinner

Alat

  1. Mesin las (saya menggunakan mesin las murah dengan watt 900 cocok untuk proyek rumahan)
  2. Mesin gerinda dengan mata potong
  3. Mesin bor(mata bor besi 8mm dan mata bor beton 10mm)
  4. Penggaris siku
  5. Pensil besi (untuk menandai besi yang akan dipotong)
  6. Tang jepit/clamp (opsional)

Cara membuat

  • Potong semua besi sesuai dengan ukuran (tiang, palang penghubung tiang dan palang dudukan atap).
  • Siapkan dudukan tiang menggunakan plat dengan ketebalan 3mm,dengan ukuran 6×6 cm dan lubangi ke 2 sisinya secara berlawanan menggunakan mata bor besi 8mm (buat 4 buah).
  • Las besi dudukan yang telah dilubangi ke 4 tiang.plat 6x6cm
  • Potong plat 1mm dengan ukuran sesuai besar ujung besi hollow dan las pada bagian ujung luar besi tersebut (ini untuk mencegah air masuk ke dalam besi yang menyebabkan karat).
    plat tutup

    penutup untuk besi hollow

     

  • Sekarang adalah saat nya untuk mendirikan tiang- tiang penyangga. Tentukan posisi dimana tiang akan dipasang,beri tanda dan bor permukaan/ lantai menggunakan mata bor beton 10mm, masukan dynabolt dan pasang besi penyangga (pasang mur tapi jangan terlalu kencang dulu). DSC01367
  • Cara memasang tiang yang lain dan memastikan tiang tersebut sejajar dengan tiang pertama adalah dengan mengikat/clamp palang penghubung (yang nantinya akan dipasang di atas tiang-tiang) antara tiang pertama dan tiang yang akan dipasang. clamp sementara
  • Bor dan pasang baut pada tiang kedua seperti yang telah dilakukan pada tiang pertama.
  • Setelah semua tiang terpasang, pasang palang penghubung ke atas kedua tiang. Sebelum mengelasnya pastikan sudut antara palang penghubung dan tiang siku 90° menggunakan penggaris siku (pada gambar saya menggunakan siku magnet). Ini penting untuk memperoleh hasil yang rapi dan kokoh.DSC01387
  • Lakukan cara yang sama untuk pemasangan palang penghubung kedua.
  • Jika seluruh tiang dan palang sudah terpasang dan dilas dengan rapi sekarang saatnya memasang palang untuk dudukan atap.
  • Setelah seluruh palang terpasang, kencangkan semua baut-baut  pada tiang (las bila perlu). Selanjutnya kita bisa memasang atap, tapi lebih baik mengecat dulu semua rangka menggunakan cat dasar. Mengecat langsung tanpa menggunakan cat dasar juga bisa, tetapi tidak disarankan karena cat dasar mempunyai daya lekat lebih kuat ke besi. Sehingga cat akan lebih tahan lama dan tidak akan mudah terkelupas nantinya bila menggunakan cat dasar.  DSC01398
  • Setelah cat dasar kering, lanjutkan pengecatan menggunakan cat warna. Kemudian barulah pemasangan atap dapat dilakukan. Pada kanopi ini saya menggunakan atap berbahan seng gelombang  dan disekrup menggunakan self drilling screw (sekrup yang terdapat mata bor kecil dibagian ujung-nya). Pasang atap dengan rapi  lalu bor dan kencangkan  menggunakan self drilling screw hingga menembus palang dudukan atap. Bor di beberapa bagian agar atap terpasang dengan kuat dan tidak goyang saat tertiup angin.
    self scref

    bor dan self drilling screw(sekrup bor)

    membuat kanopi sendiri

    hasil kanopi setelah jadi

 Bagaimana?tidak sulit kan membuat kanopi sendiri? Selamat mencoba ^-^

Tags: , , ,