Membuat Bandsaw (Mesin gergaji pita)

Bandsaw adalah mesin untuk memotong kayu dan besi. Kelebihan bandsaw dibanding alat potong lain adalah mata potongnya yang kecil dan fleksibel sehingga memungkinkan untuk membuat potongan berkelok-kelok. Alternatif dari mesin bandsaw sebenarnya adalah mesin jigsaw, tetapi mesin jigsaw tidak bisa menghasilkan potongan yang cepat dan rata terutama pada kayu tebal. Karena harga mesin bandsaw disini sangat mahal, diatas 4 juta saya membeli plan/perencanaan untuk membuat mesin bandsaw sendiri dari Matthias wandel. Untuk membuat mesin bandsaw sendiri saya menghabiskan dana kurang lebih 1,2 juta rupiah. Proses untuk membuat mesin bandsaw ini memang cukup rumit, terutama plan yang saya beli menggunakan mata gergaji dengan keliling total 2,7 meter sedangkan mata gergaji yang dapat saya temui disini adalah 2,2 meter sehingga saya harus merubah seluruh dimensi roda dan frame/chassis. Selain itu seluruh frame/chassis mesin bandsaw buatan Matthias wandel terbuat dari kayu dan karena terlalu rumit saya menggunakan besi, sehingga saya tidak bisa mengikuti proses pembuatan sesuai dengan plan. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan mesin bandsaw versi Pakeotac.

Bahan:

  1. Besi siku/Besi U 3-4mm
  2. Besi hollow 1mm
  3. MDF 12mm
  4. plywood 15mm
  5. Mata gergaji bandsaw 2240mm x 0.56mm x 13mm
  6. Kayu
  7. Baut,mur,ring 8mm
  8. Dinamo 1/2 hp 2800 rpm
  9. Castor/roda (opsional)
  10. Bearing 6004rs (20mm x 42mm x 12mm) 4 buah
  11. Sekrup
  12. Engsel
  13. Lem kayu (lem rajawali)
  14. Ban dalam 10″
  15. As besi 20mm

ALAT:

  1. Las listrik
  2. Mesin jigsaw
  3. Bor, mata bor berbagai ukuran
  4. Circle cutter
  5. Pahat kayu
  6. Clamp F

CARA MEMBUAT RODA

Pada bandsaw terdapat 2 buah roda, roda atas dan bawah. Kedua roda ini kurang lebih identik, hanya saja pada roda bawah terdapat pulley untuk vanbelt.

1. Untuk membuat roda, potong 4 buah mdf berbentuk lingkaran dengan diameter yang sama menggunakan mesin jigsaw.

Potong lingkaran menggunakan jigsaw

 

2. Setelah itu gabungkan 2 lingkaran menjadi satu menggunakan lem kayu dan jepit menggunakan clamp. Saya membiarkan hingga lem kering selama sehari.

DSC08982

 

3. Selanjutnya beri lubang pada bagian tengah roda dengan ukuran lebih besar daripada diameter as besi. Saya menggunakan holesaw untuk membuat lubang sebesar 20mm.

DSC08987

Setelah itu buat juga 4 buah lubang sebesar 50mm disekeliling roda. Lubang ini berfungsi untuk tempat untuk menjepitkan clamp dan juga berfungsi sebagai pegangan untuk memutar roda saat terpasang pada kerangka. Saat membuat lubang, pastikan posisi lubang sejajar satu sama lain agar roda lebih seimbang.

DSC08988

 

4. Selanjutnya kita akan membuat housing untuk bearing roda. Siapkan plywood berukuran 8x8cm dan beri lubang tepat pada bagian tengah sebesar kurang dari diameter luar bearing. Karena bearing yang saya gunakan adalah berdiameter 42mm, saya memberi lubang sebesar 40mm. Bearing ini harus kita buat masuk kedalam plywood serapat mungkin hingga tidak bisa dikeluarkan lagi. untuk itu kita harus membuat lubang menggunakan circle cutter. Pisau pemotong pada circler cutter dapat dirubah-rubah hingga mendapatkan diameter yang kita inginkan.

DSC08984

DSC08985

Masing-masing roda terdapat 2 buah bearing pada bagian depan dan belakang roda.

DSC08989

 

5. Setelah itu pasang bearing pada roda menggunakan lem kayu dan clamp. Saat memasang bearing, pasang sementara as besi untuk memastikan kedua bearing terpasang dengan sejajar.

DSC08990

Cara membuat roda bandsaw

 

6. Selanjutnya kita perlu meratakan bagian luar roda hingga benar-benar bundar dengan metode pembubutan dengan pahat kayu. Untuk membubut roda kita perlu memutar roda dengan dinamo, karena itu buat pulley sementara yang dipasangkan pada roda lalu pasang as dan hubungkan roda dengan dinamo. Pulley sementara ini terbuat dari plywood yang dipotong berbentuk bundar menggunakan mesin jigsaw.

Pulley sementara dipasang pada roda

Setelah itu pasang sementara as besi pada roda lalu hubugnkan dinamo dan roda menggunakan vanbelt lalu nyalakan dinamo dan bubut roda menggunakan pahat. Dengan metode ini kita akan mendapatkan roda yang benar-benar bundar.

bubut rodabandsaw

Yang perlu diperhatikan selanjutnya saat membubut adalah bagian tengah luar roda harus dibuat menonjol. Ini adalah rahasia agar mata bandsaw tetap pada jalurnya (tidak keluar dari roda).

Bubut roda bandsaw

 

7.  Pada roda bawah, kita akan memasangkan pulley permanen pada roda menggunakan plywood 15mm yang dilem menjadi satu. Ukuran pulley ini sedikit lebih kecil dibanding ukuran roda.

DSC08986

Selanjutnya pasang plywood pada roda dan kita akan membubutnya seperti cara sebelumnya. Kita akan membuat pulley ini benar-benar bundar dan membuat chanel sebagai tempat vanbelt.

Roda bandsaw homemade

puleypermanenbandsaw

Setelah pulley permanen selesai dibubut, lepaskan pulley sementara dari roda.

DSC09025

DSC09027

 

8. Setelah roda atas dan bawah selesai dibuat, beri pelitur pada seluruh bagian roda.

DSC09056

 

9. Langkah selanjutnya adalah balancing roda. Balancing diperlukan untuk menyama-ratakan bobot pada roda sehingga tidak membuat atau mengurangi getaran saat berputar. Cara mencari berat yang berlebihan pada roda adalah dengan memasangkan bearing yang berukuran lebih kecil daripada bearing roda tersebut. Saya menggunakan obeng kecil yang dipasang 2 buah bearing kecil, lalu menjepit obeng tersebut pada meja dan memasukan roda pada obeng dan bearing tersebut.

IMG_0006

Cara balancing roda bandsaw

Letakan roda lalu lepas dan tunggu hingga roda benar-benar berhenti sendiri. Setelah roda berhenti berputar beri tanda pada bagian paling bawah dan gunakan bor untuk mengurangi bobot bagian bawah tersebut.

IMG_0010

Lakukan test berulang-ulang hingga roda tidak lagi bergerak saat diletakan pada obeng yang terdapat bearing.

IMG_0011

Bentuk roda setelah dibalance terlihat lebih jelek, tetapi roda ini sudah sangat seimbang

 

10. Langkah terakhir membuat roda bandsaw adalah memasang karet ban dalam berukuran 10″. Karet ban dalam ini berukuran sedikit lebih kecil dari pada diameter roda sehingga dapat terpasang dengan kencang pada roda. Karet ban ini untuk meredam suara gesekan dan mencegah mata gergaji selip.

IMG_0013

IMG_0014

IMG_0015

 

SELANJUTNYA:MEMBUAT CHASSIS

lanjut

HALAMAN |SELANJUTNYA|

Tags: , , , , , ,