Membuat Kompresor Angin

DSC02243Saat melihat kulkas di gudang rumah yang sudah tidak dingin dan tidak terpakai, saya terinspirasi untuk menggunakan kompresor dari kulkas tersebut untuk membuat kompresor angin. Untuk tabung anginnya, saya menggunakan tabung freon bekas. Walaupun kecil kompresor buatan sendiri ini cukup kuat untuk memompa ban mobil, pengecatan kecil, airbrush. Selain ukurannya yg kecil kompresor ini juga hampir tidak mengeluarkan suara saat dinyalakan sehingga  tidak berisik jika diletakan di dalam rumah. Jadi bila anda mempunya kulkas yg sudah rusak/tidak terpakai anda bisa mengikuti instruksi di bawah ini untuk membuat kompresor angin seperti yang saya buat.

PERSIAPAN:

diagram cara kerja kompresor anginPertama-tama saya akan menjelaskan komponen-komponen yang terdapat pada  kompresor. Diagram diatas adalah kompresor jenis ‘direct driven’ dimana kompresor dan motor menjadi satu tanpa tali penggerak/vbelt. Berikut adalah komponen-komponen dari kompresor dan fungsinya:

1. Kompresor: untuk memompakan udara dari luar ke dalam tanki.
2. Katup hisap: untuk menghisap udara, biasanya dilengkapi dengan filter udara. 
3. Katup satu arah: untuk mencegah tekanan udara yang telah masuk ke dalam tangki kembali ke kompresor.
4. Tangki angin: tempat untuk menyimpan angin.
5. Otomatis: alat yang berfungsi untuk menghentikan kerja kompresor/motor saat tangki mencapai tekanan tertentu/penuh.
6. Pressure Gauge: pengukur tekanan angin.
7. Unloader Valve: katup yg terdapat dalam otomatis untuk membuang tekanan angin pada saluran/pipa kompresor maupun kompresor pada saat kompresor berhenti agar kerja kompresor/motor tidak berat saat start awal.
8. Relief Valve: untuk membuang angin pada kompresor saat otomatis tidak bekerja, sehingga mencegah tangki meledak karena overload.
 

Pada kompresor yg saya buat, saya tidak menggunakan katus satu arah, unloader valve dan relief valve namum masih dapat bekerja dengan baik, tetapi bila anda memiliki komponen-komponen tersebut disarankan untuk memasangkan nya pada kompresor yang akan anda buat.

BAHAN:

  1. Kompresor kulkas/ac
  2. Tabung freon kosong
  3. Otomatis kompresor
  4. Pipa tembaga 1/4”
  5. Double nepple 1/4”
  6. Mur M10mm, 2 buah
  7. Mur M14mm
  8. Pressure gauge
  9. Keran 1/4”
  10. Plat besi 1mm secukupnya

ALAT:

  1. Las
  2. Gerinda
  3. Bor (mata bor 10mm,8mm)
  4. Solder,Timah solder
  5. Pasta solder
  6. Flaring tool
  7. Obeng +
  8. Kunci pas 11,12
  9. Snei M10 x 1,25

CARA MEMBUAT:

1. Pertama-tama kita akan membuat kaki untuk tangki angin menggunakan plat besi tipis yg ditekuk sebanyak 4 buah dan dipasang dan di las pada bagian bawah tabung freon.

DSC02252kaki

2. Selanjutnya kita akan membuat dudukan untuk kompresor pada bagian atas tabung/tangki menggunakan plat besi. Ukuran kompresor dan lubang baut kemungkinan besar berbeda-beda, jadi anda bisa mengukurnya dan membuatnya sesuai dengan kompresor yang anda miliki. Saya mengelas 4 buat mur pada plat agar memudahkan pemasangan kompresor nanti nya.

DSC02273dudukankompresor

 

3. Sekarang kita akan membuat tempat untuk memasang otomatis menggunakan mur M14mm. Buat lubang pada bagian atas tabung menggunakan mata bor 10mm, pasang mur dan las dengan baik hingga tidak ada kebocoran.

DSC02278lubangotomatis

 

4.  Jika sudah, sekarang kita akan membuat tempat untuk pipa dari kompresor menuju ke dalam tangki. Siapkan 2 buah mur M10mm dan las menjadi satu.

DSC02257murpipakompresor

Jika mur sudah di las sekarang kita akan memasang nya pada tangki. Buat lubang pada tangki menggunakan mata bor 8mm dan las mur diatas tangki yang sudah diberi lubang.

DSC02286lubangpipa

DSC02288lubangpipajadi

5. Mur yang kita pasang pada langkah sebelumnya ini adalah tempat untuk memasangkan napple, tetapi karena drat pada napple berbeda dengan mur tersebut kita harus merubah drat pada napple menggunakan snei m10 x 1,25. Jepit lah napple pada ragum dan perlahan-lahan putar snei sehingga menghasilkan drat baru.

sneinapplekompresor

Sekarang napple sudah dapat dimasukan ke dalam mur M10 yang tadi dibuat, Beri selotip pipa atau lem besi bila perlu dan kencangkan.

6. Siapkan pipa tembaga 1/4 inch, masukan nut 1/4inch ke dalam pipa dan gunakan flaring tools untuk membesarkan bagian ujung dari pipa tersebut.

DSC02300flarepipa

DSC02303

7. Letakan kompresor pada atas tangki dan sambung pipa yg tadi kita buat ke kompresor menggunakan timah dan api las. Bersihkan kedua permukaan pipa yang akan disambung menggunakan amplas dan beri pasta solder agar timah dapat melekat dengan baik.

DSC02292solder

Jika kedua pipa sudah disambungkan, pasang ujung pipa ke napple pada tangki dan kencangkan.

DSC02296solderselesai

8.  Pasang keran 1/4” pada mur yg telah kita buat pada langkah ke 3. Beri selotip/lem besi bila perlu agar sambungan tidak bocor. Pastikan keran pada posisi terbuka dan anda lepas tuas keran bila perlu agar tidak menggangu saat pemasangan otomatis.DSC02309

9. Pasang otomatis di keran yang baru saja dipasang, tambahkan selotip pipa untuk mencegah kebocoran.

pasang otomatis kompresor

10. jika otomatis sudah terpasang dengan baik, pasanglah kabel dari kompresor dan steker. diagram otomatis kompresor

11. Selanjutnya pasang pressure gauge lalu nyalakan kompresor dan cari kebocoran pada setiap sambungan menggunakan air sabun.

DSC02366

Jika sudah tidak ditemukan kebocoran anda bisa melakukan pengecatan agar hasil akhir nya lebih bagus. Jangan lupa untuk memastikan otomatis bekerja dengan baik, normalnya otomatis akan bekerja saat tekanan dalam tangki mencapai sekitar 150 psi.

buat sendiri kompresor angin

Tags: , , , , , ,