Jangka kayu (compass beam)

Pasti kalian tidak asing lagi  dengan yang namanya jangka yang digunakan untuk menggambar lingkaran. Jangka yang dijual di toko buku biasanya hanya bisa digunakan untuk membuat lingkaran dengan diameter hanya beberapa cm. Karena saya ingin membuat lingkaran dengan diameter diatas 1 meter, maka saya membuat sendiri jangka dari kayu yang sederhana dan mudah digunakan.

Bahan:

  1. Batang kayu
  2. Sekrup
  3. Baut dan mur kupu-kupu 6mm
  4. Lem kayu

Alat:

  1. Gergaji kayu/table saw
  2. Bor dan mata bor 6mm
  3. Clamp
  4. Meteran/penggaris

Cara membuat:

1. Pertama-tama potong kayu menjadi berukuran 2x2cm dengan panjang 60cm. Semakin panjang kayu semakin besar diameter lingkaran yang bisa dibuat. Saya menggunakan table saw untuk memotong kayu menjadi ukuran yang diperlukan, jika kamu tidak memiliki table saw, kamu bisa membeli kayu yang berukuran kecil.

Cara membuat jangka kayu

 

2. Selanjutnya beri lubang 6mm pada ujung kayu, Ujung ini berfungsi sebagai tempat untuk meletakan pensil/bolpoin.

DSC09857

Setelah itu belah pada bagian tengah. Bagian ini dibelah agar nanti pensil/bolpen bisa dijepit.

DSC09858

Jika sudah beri lubang juga pada bagian samping. Lubang ini berfungsi untuk lubang baut.

pegangan pensil

Setelah itu cobalah untuk memasukan pensil/bolpen lalu kunci menggunakan baut. Dengan cara ini kita bisa mengatur ketinggian pensil/bolpen dengan mudah.

DSC09861

 

3. Setelah itu siapkan kayu dengan bentuk seperti ini, ukuran kotak pada bagian tengah harus sedikit lebih besar dari pada batang kayu.

DSC09864

Setelah itu buat lubang sebesar 5,5mm pada bagian samping, lalu bautkan baut 6mm. Dengan membuat lubang yang sedikit lebih kecil daripada baut maka kita bisa membuat drat pada kayu tersebut. Baut ini sudah terdapat knob/pegangan sehingga mempermudah mengencangkan/mengendorkan. Kamu bisa menemukan knob seperti ini di toko baut atau jika tidak ada kamu bisa memasang mur kupu-kupu pada baut sehingga akan mempermudah mengendorkan/mengencangkan baut.

DSC09867

Setelah itu tambahkan potongan plat yang diambil dari bekas kaleng minuman. Plat ini berfungsi untuk mencegah baut merusak batang kayu saat dikencangkan.

DSC09870

Jika sudah, kita bisa memberi lem kayu lalu menempelkan potongan kayu dan menjepitnya menggunakan clamp hingga kurang lebih satu hari. Dengan teknik seperti ini kita bisa mendapatkan lubang kotak pada kayu. Cara lain untuk membuat bentuk seperti ini adalah menggunakan kayu berukuran lebar, lalu lubangi bagian tengah menggunakan pahat kayu atau jigsaw. Tetapi menurut saya ini adalah cara paling mudah.

DSC09879

Setelah lem kering dan kayu sudah menyatu, Pasang sekrup pada bagian tengah, lalu potong kepala sekrup menggunakan gerinda.

DSC09884

Poros jangka kayu

Setelah itu tajamkan bagian ujung sekrup menggunakan gerinda karena sekrup ini berfungsi sebagai poros utama jangka.

DSC09888

DSC09889

Sekarang kita bisa mencobanya. Untuk mempermudah penggunaan saya menuliskan ukuran pada batang kayu menggunakan spidol. Cara menggunakannya sangat mudah, kendorkan baut lalu geser hingga ke ukuran yang diperlukan. Jika sudah, kencangkan baut lalu letakan sekrup pada titik dimana lingkaran ingin dibuat, setelah itu putar jangka hingga satu putaran penuh.

Cara membuat jangka kayu

Jangka kayu

Tags: , , , , , ,