Homemade Kimchi

Kimchi buatan rumah . Homemade kimchi

Kimchi / kimchee atau juga biasa di sebut gimchi adalah makanan tradisional korea, jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas.

bila dikorea kimchi akan wajib dihidangkan disaat waktu makan kimchi sudah menjadi salah satu jenis banchan (lauk pauk sampingan) yang paling umum, Kimchi juga digunakan sebagai bumbu utama sewaktu memasak sup atau pun Bimbimbap dan masih banyak lagi jenis makanan tradisional yang memakai Kimchi sebagai bumbu utama.

kali ini saya akan membahas / mempraktekan proses pembuatan kimchi yang benar. Kimchi yang benar dan enak adalah Kimchi mempunyai Rasa asam alami, aroma yang sedap, asin dan manisnya pas dan texture sayur tetap garing walaupun sudah di fermentasi selama 2bulan ataupun lebih dari 1 tahun.

Dalam artikel ini saya akan lebih menjelaskan step-by-step proses pembuatan dan membahas bumbu-bumbu utama untuk takaran yang dipakai anda bisa mencobanya sendiri sesuai selera dan kreasi anda, karena tidak ada resep yang benar atau pun salah setiap keluarga dikorea mempunyai resep kimchi mereka sendiri sesuai selera dan bahan baku yang mereka bisa dapatkan didaerah mereka tinggal.

Bahan utama Kimchi

bahan membuat kimchi

 

  1. Sawi putih segar
    • cuci bersih sayur yang akan kita pakai , buang lapisan yang tidak segar pastikan anda hanya memakai sayur yang benar-benar segar apabila kita memakai sayur yang tidak segar maka hasil fermantasi akan menjadi busuk dikarenakan bakteri yang tersimpan dari sayuran ,
    • Setelah sayuran sudah kita cuci olesi setiap lapisan sawi tersebut mengunakan Garam kasar, olesi seluruh permukaan sayur luar dan dalam, fungsi garam adalah membuang bakteri/kotoran yang berada dalam lapisan sayur proses melumuri sayur dengan garam ini adalah proses yang sangat berpengaruh dalam fermentasi, bila proses ini tidak dijalankan atau salah maka kimchi yang kita buat tidak akan berfermentasi.
    • taruh sayur tersebut dalam baskom dan biarkan selama 3-4 jam.
    • setelah 3-4 jam maka sayur sawi akan terlihat layu dan baskom akan di penuhi oleh air, buang air dari baskom dan cuci sayur setelah itu tiriskan hingga kering.
    • apabila keempat step tersebut sudah diselesaikan maka kita sudah mempunyai Bahan utama Sayur sawi yang dapat berfermentasi.
  2. Wortel dan lobak (opsional)
    • cuci bersih wortel dan lobak yang akan kita gunakan.
    • potong wortel dan lobak panjang dan tipis ketebalan kira-kira 6-8mm.
  3. Daun Leek
    • potong dengan jarak 2cm
  4. Onion / bawang bombay
    • potong kecil-kecil (chop-chop)
  5. Bawang putih dan jahe
    • haluskan bawang putih dan sedikit jahe hingga halus.
  6. Bubuk cabe
  7. Kecap ikan
  8. Pasta Cabe
    • bahan pasta cabe :
      • Bubuk cabe
      • tepung beras
      • garam
      • air secukupnya.
    • Isi panci dengan air dan panaskan
    • setelah air mendidih masukan bubuk cabe dan tepung beras kedalam panci, atur api kompor menjadi api kecil
    • masukan minyak sayur sedikit agar tidak lengket, sambil kita aduk .
    • aduk selama 3-5 menit.
    • hasil pasta cabe
      pasta cabe
    • dinginkan pasta yang sudah kita buat.

 

Mixing

1. Masukan bawang putih dan jahe yang sudah kita haluskan

pasta cabe kimchi

 

2. Masukan onion

pasta cabe kimchi

 

3. Masukan daun leek

pasta cabe kimchi

Tips : Campur kecap ikan kedalam pasta cabe agar mempunyai aroma dan rasa yang ciri khas

pasta cabe kimchi

 

4. Aduk pasta cabe yang sudah kita tambahkan bumbu-bumbu utama

pasta cabe kimchi

 

5. Taburkan cabe halus pada wortel dan lobak didalam baskom besar

pasta cabe kimchi

 

6. proses pelumuran sayur dan pasta cabe , ambil sayur yang sudah kering dan olesi setiap lembar sayur tersebut dengan pasta cabe yang sudah kita buat, pastikan anda mengolesi seluruh bagian sayur sawi tersebut

cara membuat kimchi

Kimchi yang sudah dioleasi dengan pasta cabe secara merata

Kimchi buatan rumah

Kimchi buatan rumah

apabila sudah selesai maka tutup baskom yang kita pakai mengunakan plastic wrap agar tidak ada udara yang masuk, simpan baskom tersebut didalam ruangan dengan suhu dibawah 20 celcius biarkan kimchi melalui proses fermentasi.

apabila proses benar dalam waktu 2 x 24jam Kimchi tersebut sudah bisa kita nikmati dan pindahkan kedalam toples kaca dan kita simpan didalam Suhu yang lebih rendah (Kulkas).

 

kimchi buatan rumah

Kimchi Buatan rumah

Penyajian, ambil kimchi yang sudah kita permentasikan selama 2hari lalu kita potong mengunakan Gunting /Pisau taburi wijen agar terlihat lebih cantik dan menambah aroma.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang ingin mencoba membuat Kimchi , dengan proses yang benar maka kita dapat menghasilkan kimchi yang benar-benar nikmat dan segar kreasikan sesuai selera kalian masing-masing . karena dalam membuat Kimchi Proses persiapanlah yang berpengaruh akan hasil akhir jadi pastikan anda mengikuti proses pembuatan kimchi dengan benar maka dijamin anda akan menghasilkan kimchi yang luar biasa.

Bila kalian suka dengan artikel ini luangkan waktu 5 detik anda untuk membagikan artikel ini kepada Saudara atau pun teman anda , dengan begitu artikel ini tidak akan lebih mudah dicari dan tidak hilang dalam peredaran internet. Terima kasih

Gabung dalam page facebook kami untuk mengetahui artikel terbaru yang menarik setiap minggu : https://www.facebook.com/pakeotac

Kirimkan hasil kreasi kalian kepada kami agar bisa kami tampilkan diwebsite ini untuk memberikan inspirasi kepada pembaca lain.

Tags: , , , ,