Hiasan dinding dari kayu bekas

DSC03587

Bila anda pernah atau bahkan sering mendapatkan paket barang yang di packing menggunakan kayu, saya sarankan untuk jangan membuangnya karena kita bisa mendaur ulang kayu bekas yang terlihat jelek ini menjadi sesuatu yang bermanfaat. Kali ini saya ingin menjelaskan bagaimana saya membuat hiasan dinding dengan menggunakan kayu bekas packing sebagai bahannya. Dengan bermodal desain yang bagus, kayu-kayu yang terlihat usang, patah dan berlubang ini dapat menghias rumah/kantor anda. Cara membuatnya juga sangat mudah!

BAHAN:

  1. Kayu bekas packing
  2. Cat besi/kayu
  3. Lem kayu
  4. Paku

ALAT:

  1. Gergaji
  2. kuas nomor 00
  3. Pensil
  4. Kertas karbon
  5. Printer
  6. Kertas gosok/amplas

MEMBUAT FRAME :

1. Potong-potong kayu sesuai ukuran yang diinginkan. Hasil ukuran potongan kayu yang saya buat berbeda antara satu dengan yang lain sehingga hasil lebih terlihat artistik :D.

DSC03594

 

2. Siapkan dua buah kayu dengan panjang seukuran susuan kayu, beri lem keseluruh permukaan kayu dengan merata, lalu paku. Sebenarnya kita tidak harus menggunakan lem kayu, tetapi agar hasil lebih kuat dan tidak mudah lepas disarankan untuk menggunakan lem kayu.

DSC03598lem

DSC03597

 

3. Agar kayu yang tadi dilem melekat dengan sempurna, kita perlu menjepit kayu atau memberi pemberat pada kayu selama beberapa jam hingga lem mengeras.

DSC03599

 

4. Setelah kira-kira 6 jam, biasanya lem sudah mengeras lalu selanjutnya amplas permukaan kayu menggunakan kertas gosok/amplas agar lebih bersih dan halus.DSC03600

 

CARA MENGHIAS FRAME:

Untuk menghias frame, saya menggunakan tulisan/quote yang sudah saya design sebelumnya pada photoshop sesuai ukuran frame kayu yang telah saya buat, lalu mengeprintnya pada beberapa kertas a4, memotong lalu menyusunnya pada frame kayu. Designlah sekreatif mungkin agar mendapat hasil yang terbaik sesuai dengan selera anda.

1. Siapkan desain tulisan yang telah di print pada kertas, lalu susun pada frame kayu.

DSC03604

 

2. Siapkan karbon dan letakan di bawah design tulisan, lalu gariskan bolpoin/pensil mengikuti garis-garis pada huruf sehingga tulisan akan tertempel pada kayu dibawahnya sama persis seperti design yang kita buat.

teknik menyablon tulisan ke media kayu

DSC03611

 

3. Siapkan cat dan kuas. Disini saya menggunakan cat warna hitam, lalu cat mengikuti garis pada tulisan-tulisan tersebut. Jangan terburu-buru saat mengecat agar hasil tulisan rapi.

DSC03623

DSC03625

 

4. Agar hiasan dinding ini dapat digantung di tembok, pasang tali lalu sekrup pada bagian belakang frame kayu tersebut.

DSC03628

Selesai!! Sekarang kita bisa menggantungkan tulisan ini di tembok rumah kita. Tidak disangka kan sesuatu yang tadinya terlihat seperti sampah sekarang menjadi penghias rumah.

hiasan dinding dari kayu

Jadi mulai dari sekarang saya sarankan simpanlah barang-barang bekas yang tidak terpakai, lalu pikirkan apa yang bisa dibuat dari barang bekas tersebut lalu share karya anda ke website ini 🙂

 

Tags: , , , , ,