Gerinda duduk dari dinamo bekas

Saya seringkali memoles besi dan pisau agar tajam, oleh karena itu saya memerlukan mesin gerinda duduk. Karena tidak ingin mengeluarkan uang untuk membeli alat tersebut, saya membuat sendiri mesin gerinda duduk menggunakan dinamo bekas mesin cuci. Dinamo bekas ini kondisinya masih sangat baik, walaupun kekuatannya tidak sebesar dinamo untuk gerinda, mesin gerinda duduk buatan sendiri ini berfungsi dengan baik. Cara membuatnya cukup mudah kok.

Bahan:

  1. 2 buah mur M12 P 1,75
  2. 2 buah ring M12
  3. Batu gerinda/kain poles
  4. Dinamo bekas mesin cuci
  5. Multiplek 15mm
  6. Sekrup
  7. Steker
  8. Kabel

Alat:

  1. Snei M12 x 1,75
  2. Gerinda
  3. Obeng

Cara membuat:

1. Pertama-tama saya melepas pulley yang terpasang pada dinamo mesin cuci tersebut. Lalu ukur diameter pada as dinamo tersebut.

daur ulang dinamo mesin cuci

IMG_0028

Karena ukuran as sedikit terlalu besar, saya memperkecil diameter as dinamo tersebut menggunakan gerinda. Caranya adalah dengan memutar as dinamo searah dengan putaran gerinda sehingga seluruh bagian terkikis dengan merata.

cara bubut as dinamo

 

2. Setelah ukuran as dinamo menjadi 12mm, gunakan snei M12 x 1,75 untuk membuat drat. 1,75 adalah pitch drat baut/mur. Jika kamu menggunakan snei dengan pitch 1,5 pastikan drat pada mur juga 1,5 agar mur dapat terpasang dengan baik pada drat. Biasanya toko penjual baut tahu berapa ukuran drat baut/mur tersebut. Cara lain untuk mengetahui drat adalah menggunakan thread pitch gauge.

Saya menggunakan tang jepit untuk menahan as agar tidak berputar saat drat dibuat. Akan lebih baik jika dijepit pada ragum, tetapi dinamo harus dibongkar terlebih dahulu.

IMG_0033

IMG_0034

 

3. Jika sudah selesai, buat dudukan dinamo menggunakan multiplek 15mm. Mungkin bentuk dinamo yang kamu miliki berbeda dengan milik saya, sehingga kamu harus mengakali sendiri bagaimana agar dinamo dapat terpasang dengan kuat. Saya menggunakan 2 lapis multiplek pada bagian bawah dinamo dan 2 buah dudukan untuk dinamo yang disekrup dari bagian bawah.

IMG_0038

 

4.  Selanjutnya pasang kabel,capasitor dan steker. Akan lebih baik jika kamu menambahkan saklar agar dapat menyalakan dan mematikan mesin dengan mudah. Pada dinamo mesin cuci ini terdapat 3 buah kabel, 2 kabel dipasang pada capasitor dan 1 kabel menuju ke steker. Kedua kabel yang terpasang pada capasitor juga memiliki arah putaran dinamo yang berbeda yang salah satunya akan dihubungkan pada steker.

diagram kabel dinamo mesin cuci

Jika salah satu kabel steker dipasang pada kabel berwarna merah maka akan merubah arah putaran dinamo tersebut

 

5. Langkah terakhir adalah memasukan mur,ring dan mata gerinda duduk. Kunci kedua mur sehingga menjepit mata gerinda tersebut.

cara memasang mata gerinda duduk

cara membuat mesin gerinda duduk

 

Saya tidak membuat penutup untuk dinamo karena saya rasa tidak terlalu berguna, dan membuat dinamo menjadi lebih panas. Murah dan mudah kan?! 😀

Kalau kamu berhasil membuatnya, Jangan lupa untuk share hasil buatanmu di www.facebook.com/pakeotac

Tags: , , , ,