Dispenser kantong plastik

IMG_0025

Buat ibu-ibu yang sering kepasar pasti mendapati dapurnya penuh dengan kantong plastik. Kantong plastik ini biasa disimpan sebagai tempat sampah atau kantong sampah. Tetapi jika terlalu banyak maka akan menyebabkan dapur berantakan. Untuk itu saya akan membuat tutorial sederhana membuat dispenser kantong plastik. Sesuai dengan namanya, plastik-plastik tersebut akan kita masukan kedalam dispenser sehingga dapat tersimpan dengan rapi dan sangat mudah diambil. Mungkin cara lain untuk menyimpan kantong plastik adalah dengan cara melipatnya, tetapi itu akan memakan banyak waktu untuk melipatnya satu per-satu dan saat memerlukannya kita perlu membuka kembali lipatannya. sangat tidak efisien. Yuk praktekan cara membuat dispenser kantong plastik ini supaya dapur lebih rapi!

bahan dan alat:

  1. Botol bekas
  2. sekrup
  3. Spidol
  4. Gunting/cutter/pisau
  5. Obeng

Cara membuat dispenser:

1. Saya menggunakan botol shampo bekas, tetapi  akan lebih baik jika menggunakan botol bekas minuman soda yang berukuran besar karena kita dapat lebih banyak memasukan plastik kedalamnya. Pertama-tama bersihkan terlebih dahulu botol dari sisa  buat garis kira-kira 5cm dari bagian bawah botol lalu potong menggunakan cutter/gunting.

IMG_0009

cara membuat sendiri dispenser plastik

 

2. Bagian kecil yang terpotong ini nanti akan kita gunakan untuk menutup, tetapi karena ukurannya yang sama kita tidak bisa memasangnya oleh karena itu kita harus memanaskan sedikit bagian ujung menggunakan kompor atau lilin lalu masukan bagian yang telah terpotong tadi.IMG_0013

IMG_0015

 

3. Selanjutnya sekrupkan botol tersebut pada tembok dapur atau pada bagian kayu seperti kusen agar lebih mudah untuk disekrupkan.

IMG_0016

IMG_0017

 

4. Karena bagian atas dipasang sekrup maka penutup botol tidak bisa masuk, oleh karena itu kita perlu memotong sedikit bagian penutup botol yang mengenai sekrup.

IMG_0019

IMG_0021

Arahkan bagian yang sudah diberi coakan pada bagian sekrup, lalu cobalah untuk menutup botol. Jika dapat menutup dengan rapat, kita tinggal memasukan kantong plastik kedalamnya. Jika perlu, kamu bisa menghiasnya agar dapat mempercantik penampilan dapur.

IMG_0022

 

cara melipat kantong plastik:

Agar kantong plastik dapat keluar dengan sendirinya setelah ditarik, ada cara khusus untuk melipatnya. Karena jika kita hanya sekedar memasukan kantong plastik kedalam botol maka kantong plastik akan sulit untuk dikeluarkan.

1. Siapkan kantong-kantong plastik yang ada di dapurmu lalu lipat menjadi dua.

IMG_0026

IMG_0028

 

2. Setelah itu letakan kantong-kantong lainnya pada bagian bawah kantong sebelumnya.

IMG_0030

cara melipat plastik

 

3. Sebelum menggulung, lipat bagian ujung kantong plastik pertama ke arah atas (lipatan ini berfungsi untuk mengeluarkan plastik dari dalam botol nantinya) lalu gulung seluruh kantong plastik tersebut.

IMG_0032

IMG_0034

teknik menggulung kantong plastik

 

4. Masukan kantong yang sudah digulung ke dalam dispenser dengan posisi bagian ujung plastik keluar dari mulut botol.

IMG_0037

IMG_0038

Setelah itu tutup botol agar rapi.

IMG_0040

dispenser kantong plastik homemade

Sekarang kita dapat mengeluarkan plastik-plastik tersebut dengan cepat seperti saat kita mengambil tissue. Sekarang dapurmu jadi lebih rapi kan?!

nb: Jika kantong plastik tidak keluar saat ditarik, kemungkin ada kesalahan saat menggulung kantong plastik atau ukuran kantong plastik yang terlalu besar sehingga tidak bisa keluar dari botol.

Tags: , , , ,