Crate/krat dari kayu pinus

krat kayu pinusKayu pinus atau banyak yang menyebut kayu jati belanda banyak digunakan untuk dekorasi tempat pameran,toko dan cafe. Kayu jenis ini banyak digunakan untuk membuat meja rak dan lain-lain. Walaupun kebanyakan dari kayu ini adalah kayu bekas dengan banyak lubang, serat dan warna dari kayu ini sangat bagus sehingga menarik untuk dijadikan hiasan. Kali ini saya akan membuat krat/crate dengan berbahan kayu jati belanda, krat ini juga sering kita temui di tempat pameran atau toko-toko di mall.

Bahan:

  1. Kayu
  2. Lem kayu
  3. Paku brad nail/paku tembak

Alat:

  1. Table saw/gergaji
  2. Meteran
  3. Pensil
  4. Siku
  5. Kompresor/alat paku tembak
  6. Mesin jigsaw atau mesin scrollsaw
  7. Mata bor holesaw 30mm

Cara membuat:

1. Ini adalah dimensi krat kayu yang akan kita buat. Sebelum memotong sesuai ukuran, serutlah seluruh kayu sehingga memiliki ketebalan yang sama. Setelah itu saya memotong menggunakan table saw agar mendapatkan hasil potongan yang lurus dan siku.

pembuatan krat dari kayu jati belanda

kayu jati belanda

DSC09592

 

2. Siapkan 2 potongan kayu yang berukuran 27cm lalu beri 2 buah lubang menggunakan mata bor holesaw 30mm. Lubang ini berfungsi sebagai tempat untuk memasukan mata gergaji.

DSC09596

DSC09597

Setelah itu masukan mata gergaji scrollsaw atau jigsaw ke dalam lubang lalu potong mengikuti garis. Bagian ini berfungsi sebagai pegangan/handle untuk krat tersebut.

DSC09598

cara membuat krat dari kayu jati belanda

 

3. Setelah itu beri lem kayu pada setiap sambungan lalu paku menggunakan paku tembak.

DSC09601

Dengan menggunakan paku tembak, paku tidak terlalu terlihat karena kepala paku yang kecil jadi krat pun terlihat lebih bagus.

DSC09602

Langkah terakhir adalah menutup bagian bawah krat

DSC09604

cara membuat krat kayu pinus

Line: blessme_artwork

instagram: @blessme_artwork

BBM: 56fef8d5

Tags: , , , , ,