Clutch center tool (alat center kopling)

DSC06637Saya baru saja membongkar transmisi untuk mengganti kampas kopling, tentu saja dimana-mana membongkar lebih mudah daripada memasang. Memasang transimis pada mesin memang susah-susah gampang, kita memerlukan SST (special service tool) untuk mengarahkan clutch disc pada titik tengah (center). Prinsip kerja alat ini sebenarnya adalah seperti menduplikasi input shaft transmisi karena bagian tersulit saat memasang transmisi adalah input shaft harus masuk tepat pada bagian tengah kampas kopling dan bearing pada kruk as (crankshaft). Alat ini jarang dijual di Indonesia, biasa hanya dimiliki di bengkel-bengkel resmi. Karena itu saya membuat sendiri alat ini dengan bahan kayu dan alat bubut yang saya buat sendiri. Mengapa tidak menggunakan besi? Bisa saja kita menggunakan besi, tetapi selain harganya yang lebih mahal, alat ini juga tidak akan sering digunakan sehingga dari kayu saja sudah cukup. Mari langsung kita praktekan cara membuatnya.

BAHAN DAN ALAT:

  1. Kayu
  2. Alat bubut kayu buatan sendiri 
  3. Kaliper / jangka sorong

CARA MEMBUAT:

1. Pertama-tama ukur diameter ujung input shaft transmisi/gearbox, kemudian ukur diameter tengah kampas kopling. Saya mendapatkan ukuran 12mm untuk input shaft transimisi dan 17mm untuk diameter tengah kampas.

input shaft transimisi

input shaft transimisi

clutch disc/kampas kopling

clutch disc/kampas kopling

 

2. Karena ukuran diameter tengah kampas adalah 1,7mm maka saya menyiapkan kayu berukuran lebar sedikit lebih besar, yaitu 20 x 20mm (2 x 2 cm) dengan panjang kira-kira sepanjang input shaft transmisi.

DSC06480

Setelah itu pasang kayu berbentuk persegi panjang tersebut pada alat bubut sederhana buatan sendiri (bagi yang belum membuat bisa mengeklik link untuk melihat cara pembuatannya).

DSC06481

Setelah alat dinyalakan, gunakan kikir dan pahat untuk membentuk kayu tersebut menjadi bundar. Setelah kayu yang dibubut menjadi bundar, ukur apakah ukurannya sudah sebesar input shaft dan diameter tengah kampas jika belum bubut kembali kayu tersebut hingga mendekati ukuran yang diinginkan. DSC06483

Setelah ukuran mendekati, ganti pahat dengan kertas amplas no 80 untuk mencegah membubut terlalu banyak, karena jika ukuran lebih kecil dibanding ukuran seharusnya maka kita tidak bisa menggunakanya dan harus membuat ulang.

DSC06485

Setelah itu periksa apakah ukurannya sudah sesuai dengan input shaft dan diameter tengah kampas.

DSC06487

Jika ukuran sudah benar kita seharusnya sudah bisa menggunakannya, tetapi saya melapisi kayu tersebut dengan vernis agar awet karena suatu hari saya mungkin akan menggunakannya kembali.

DSC06634

ukuran kayu persis dengan input shaft pada transmisi

CARA MENGGUNAKAN DAN MEMASANG KAMPAS KOPLING

1. Pertama-tama bersihkan permukaan flywheel, pressure plate (plat pada pegas diafragma) dan kampas kopling (clutch disc) menggunakan thinner. Permukaan komponen-komponen tersebut harus bersih dari minyak untuk menghindari terjadinya selip.

kampas kopling mobil

 

2. Selanjutnya pasang kopling pada flywheel dan masukan alat yang telah kita buat tadi pada bagian tengah. Bagian ujung alat ini akan masuk pada bearing pada kruk as (crankshaft) sehingga kampas kopling secara otomatis akan berada pada titik tengah (center) sehingga saat transmisi (gear box) dipasang, input shaft dapat masuk dengan mudah.

cara memasang kopling mobil

 

Demikianlah cara yang benar untuk memasang kopling pada mobil. Dengan membuat alat spesial sendiri menggunakan kayu, kita dapat menghemat banyak uang dan membantu pekerjaan kita.

Tags: , , ,