Cara menggunakan test pen otomotif 12v

Seperti dirumah, jika terdapat masalah pada kelistrikan rumah, kita menggunakan test pen untuk mencari sumber tegangan pada kabel/stop kontak. Pada kendaraan pada umumnya menggunakan tegangan DC 12volt sehingga memerlukan test pen khusus yang sedikit berbeda dari test pen untuk listrik AC 220v. Pada test pen DC terdapat lampu yang akan menyala jika salah satu ujung test pen terhubung dengan kutub (+) dan ujung lainnya terhubung dengan kutub (-).

cara menggunakan test pen mobil

Umumnya test pen jenis ini digunakan untuk kelistrikan 12volt, tetapi ada juga yang menjual testpen yang bisa digunakan untuk 6v-12v karena pada sistem kendaraan baru output dari ecu bisa jadi kurang dari 12volt. Tetapi prinsip untuk menggunakannya tetap sama.

Cara menggunakan test pen untuk mencari kutub positif (+) atau negatif (-)

Pada mobil, kabel-kabel biasanya diikat menjadi satu dan pasti akan sangat susah untuk menelusuri kabel mana yang terhubung dengan kutub negatif atau positif. Karena itu kita memerlukan test pen untuk memeriksanya.

Untuk mencari kutub negatif (-) kita harus memastikan dulu salah satu ujung test pen terpasang pada kutub positif (+) lalu sentuhkan ujung test pen lainnya pada tembaga kabel…jika test pen menyala, bisa dipastikan itu adalah kabel negatif (-).

cara mencari kutup negatif

 

Untuk mencari kutub positf (+) pasang salah satu ujung testpen pada kutub negatif  (-) atau body mobil/baut yang terpasang pada body lalu sentuhkan ujung test pen lainnya pada tembaga kabel…jika test pen menyala, bisa dipastikan itu adalah kabel positif (+).

cara mencari kutub positif

Tags: , ,