Cara menggunakan las Oxy-Acetylene

Las oksigen-asitelin adalah jenis alat pengelasan yang paling dasar. Orang-orang banyak menyebutnya las karbit. Sebenarnya las oksi-asitelin dan las karbit sedikit berbeda, yang membedakannya adalah jenis bahan bakar yang digunakan. Las karbit menggunakan karbit/carbide yang berbentuk seperti bongkahan batu yang jika dicampurkan ke dalam air akan mengeluarkan gas yang mudah terbakar sedangkan asitelin adalah gas mudah terbakar yang sudah dimasukan ke dalam tabung yang siap pakai. Terus bahan bakar apa yang harus dipilih? Jika ingin murah tentunya pilihannya jatuh kepada karbit tetapi kekurangannya adalah bentuknya yang kurang ringkas membuatnya sulit untuk dipindah-pindah dan juga meninggalkan ampas sisa. Asitelin menghasilkan panas yang lebih tinggi dibanding karbit tetapi harganya cukup mahal.

Jika sudah memiliki las listrik apakah harus memiliki las oksi-asitelin? Tergantung las listrik apa yang kamu gunakan. Las listrik jenis MMA idealnya digunakan untuk pengelasan besi-besi tebal, tetapi tidak efektif digunakan untuk pengelasan besi tipis dangan bentuk-bentuk yang bervariasi. Tetapi jika las listrik yang kamu punya adalah las MIG atau TIG seharusnya kamu tidak membutuhkan las oksi asitelin.

PERALATAN LAS OXY-ACETYLENE:

Tabung oksigen asitelin

Peralatan las oksigen asitelin

1. Tabung Oksigen: Berfungsi untuk meningkatkan panas api

2. Tabung acetylene/asitelin: Berfungsi sebagai bahan bakar untuk menyalakan api. Biasanya tabung asitelin berukuran lebih kecil dibanding tabung oksigen.

3. Regulator oksigen dan asitelin: Untuk mengatur tekanan yang keluar dari tabung oksigen dan asitelin

4. Selang: Untuk mengalirkan oksigen dan asitelin dari tabung ke blender las.

5. Blender: Untuk mencampur dan mengatur jumlah oksigen dan asitelin yang digunakan

 

CARA MEMASANG:

1 Pasang selang pada regulator dan blender las. Biasanya warna merah pada blender,regulator dan selang menunjukan jika itu adalah asitelin dan biru adalah oksigen. Setelah selang dipasang, jangan lupa juga untuk memasang clamp selang dan kencangkan dengan kuat.

2 Pasang regulator pada tabung. Jika perlu tambahkan sedikit selotip pipa pada drat regulator untuk mencegah kebocoran. Gunakan kunci inggris dan putar mur searah jarum jam untuk mengencangkan. Regulator asitelin biasanya memiliki drat yang beralawanan arah sehingga kita harus memutar kearah berlawanan jarum jam untuk mengencangkan.

cara memasang regulator oksigen

cara memasang regulator asitelin

 

3. Setelah regulator terpasang dengan kencang, buka keran pada tabung sedikit saja lalu cek kebocoran menggunakan busa dan air sabun.

DSC08896

DSC08902

Jika terdapat gelembung-gelembung pada busa, berati ada kebocoran. Kencangkan regulator atau tambahkan selotip bila perlu.

Tanda ada kebocoran

Jika tidak menemukan bocor pada regulator, cek seluruh sambungan selang hingga sama sekali tidak ada kebocoran.

 

CARA MENGGUNAKAN LAS OXY-ACETYLENE:

Buka keran pada tabung oksigen dan tabung asitelin. Pada regulator terdapat 2 buah gauge atau jarum penunjuk tekanan gas. Jarum disebelah kanan menunjukan jumlah tekanan didalam tabung sedangankan jarum disebelah kiri adalah besar tekanan gas yang keluar dari regulator. Cara untuk mengatur tekanan output regulator adalah dengan memutar knob pada regulator. Putar knob searah jarum jam untuk menaikan tekanan dan sebaliknya untuk menurunkan tekanan.

DSC08898

Tekanan output regulator yang dibutuhkan bervariasi tergantung kebutuhan,ketebalan material yang akan dilas. Jika digunakan untuk pengelasan plat-plat tipis (0,5-2mm), atur tekanan oksigen pada 10kg/cm² dan 5kg/cm² pada acetylene.

DSC08897DSC08899

 

Setelah tekanan oksigen dan asitelin diatur langkah selanjutnya adalah mengantur campuran oksigen dan asitelin pada blender las. Disini saya tidak akan menjelaskan jenis-jenis nyala api oksidasi,karburasi. Berikut adalah cara untuk mendapatkan nyala api netral:

1. Putar sedikit keran asitelin pada blender, lalu nyalakan api menggunakan korek api/pemantik.

cara menggunakan blender las

 

2. Setelah api menyala, buka perlahan-lahan keran asitelin hingga terlihat asap berwarna hitam.

DSC08907

Setelah itu putar sedikit lagi keran asitelin hingga asap hitam menghilang.

DSC08912

 

3. Setelah itu buka keran oksigen pada blender perlahan-lahan hingga mendapatkan nyala api netral (api kecil berwarna biru bersih)

cara mengelas karbit

Jangan lupa untuk menggunakan peralatan keselamatan sebelum melakukan pengelasan, terutama kacamata. Mengelas menggunakan oksi-asitelin tidaklah terlalu sulit, hanya memerlukan banyak latihan dan pengalaman.

Setelah selesai mengelas, matikan oksigen pada blender terlebih dahulu kemudian matikan asitelin. Setelah itu matikan keran pada tabung oksigen dan tabung asitelin.

Tags: , , ,