Cara menggunakan bor tangan

cara menggunakan bor

Bor adalah alat yang wajib di miliki di workshop/bengkel. Fungsi dari bor adalah untuk melubagi kayu,besi atau beton/tembok. Bor juga terdiri dari berbagai macam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Ukuran drill chuck atau tempat untuk memasukan mata bor juga beraneka ragam. Jadi sebelum membeli bor, tentukanlah untuk apa saja kamu akan menggunakannya. Bor yang kita gunakan di workshop kami adalah jenis bor dengan 2 fungsi, untuk pengeboran biasa dan bisa untuk pengeboran beton. Pada mode pengeboran beton, mata bor akan tidak hanya bergerak berputar, melainkan berputar dan naik turun sehingga memudahkan saat mengebor beton/tembok.

JENIS-JENIS MATA BOR:

jenis-jenis mata borUkuran dan jenis mata bor cukup banyak. Ini adalah jenis-jenis mata bor yang sering kita gunakan, mulai dari kiri hingga kanan:

  1. Hole saw: Untuk membuat lubang besar pada kayu ataupun plat besi.
  2. Flat drill bit: Untuk membuat lubang besar pada kayu .
  3. Counter sink drill bit: Untuk membuat lubang lebih besar pada permukaan kayu, Agar sekrup/baut bisa rata dengan kayu.
  4. Mata bor beton: Untuk melubangi tembok/beton.
  5. Mata bor kayu/besi: Untuk melubangi kayu/besi

 

CARA MEMASANG MATA BOR:

Sebelum memasang, pastikan steker/colokan bor tidak terhubung dengan stop kontak untuk mengindari hal yang tidak diinginkan. Cara pemasangan dan penggunaan bor kemungkinan berbeda-beda antara merek satu dengan yang lainnya, untuk lebih jelasnya bacalah buku manual penggunaan yang didapatkan saat membeli bor . Pastikan gunakan kacamata dan perlengkapan pengaman lainnya saat menggunakan bor .

  • Dengan menggunakan kunci bor yang telah disediakan, putar kearah berlawanan arah jarum jam untuk membuka drill bit.DSC05625
  • Masukan mata bor, lalu kencangkan dengan cara memutar kunci searah jarum jamcara memasang mata bor

CARA MENGGUNAKAN BOR:

MENGEBOR BESI 

  • Untuk mengebor besi, kita perlu membuat titik pada bagian yang akan dibor. Gunakan pin punch/penitik dan palu untuk membuat titik.buat titik pada besi
  • Untuk jenis bor dengan 2 fungsi, pastikan selektor pada posisi pengeboran biasa. Pastikan juga arah putaran pada posisi putaran searah jarum jam.
    kiri untuk beton dan kanan untuk pengeboran biasa

    kiri untuk beton dan kanan untuk pengeboran biasa

    DSC05629

    Pilih arah putaran lalu ekan tombol untuk menyalakan mesin.

    Karena telah diberi titik sebelumnya maka akan mempermudah proses pengeboran karena mata bor tidak bergerak-gerak.

    cara mengebor besi

  • Gunakan oli saat mengebor besi yang cukup tebal untuk mencegah overheat yang bisa merusak mata bor.DSC05643

 

MENGEBOR BETON (MEMASANG FISCHER/ANCHOR TEMBOK)

Siapkan mata bor untuk tembok. Untuk memasang fisher S6 kita memerlukan mata bor beton berukuran 6mm.

  • Jika ingin memasang fisher ditembok, jangan membuat lubang terlalu dalam karena fisher tidak dapat terpasang dengan baik nantinya. Untuk itu gunakan solasi kertas untuk menandai kedalaman pengeboran yang dibutuhkan.DSC01700
  • Pilih selektor pada bor untuk mode pengeboran beton, lalu bor hingga batas yang sudah ditandai dengan isolasi kertas.cara mengebor tembok
  • Masukan fisher ke dalam lubang lalu pukul menggunakan palu plastik/karet agar tidak merusak fisher. DSC01714DSC01715
  • Pasang sekrup menggunakan obeng DSC01717

Setelah selesai menggunakannya jangan lupa untuk mencabut steker dari stop kontak dan bersihkan bor dari debu menggunakan kuas.

Tags: , ,