Cara mengganti roda pagar

DSC05836Hampir seluruh rumah dilengkapi dengan pagar di bagian depan. Umumnya pagar rumah dibuat dengan model sliding atau geser. Kendala yang sering muncul pada pagar sliding biasanya adalah berat saat didorong atau ditarik atau bahkan keluar dari rel. Penyebabnya adalah telah rusak nya bearing roda atau biasa disebut laher. Karena bearing/laher terbuat dari bahan besi dan letaknya dibawah sehingga sering terkena air menyebabkan laher menjadi berkarat dan akhirnya macet atau tidak bisa berputar dengan halus bahkan macet. Agar pagar dapat kembali lancar saat kembali didorong atau ditarik, kita harus mengganti seluruh laher yang rusak. Bagi yang berencana memperbaiki pagar rumah, kamu juga bisa mengerjakannya sendiri tanpa harus memanggil tukang pagar dengan biaya yang tidak masuk akal. Caranya tidak terlalu sulit, hanya membutuhkan beberapa kunci,dongkrak dan palu untuk membongkar dan memasangnya kembali. Berikut cara-caranya:

LANGKAH-LANGKAH MENGGANTI RODA PAGAR:

1. Pertama-tama dongkrak pagar untuk menopang sementara. Biasanya bagian depan dongkrak terlalu tinggi sehingga tidak bisa masuk ke bawah dongkrak, karena itu saya melepas dudukan pada bagian depan dongkrak agar dongkrak menjadi ceper dan bisa masuk ke bawah pagar.

lepas pin dongkrak

cara mendongkrak pagar

dongkrak pagar

 

2. Setelah pagar didongkrak, lepaskan semua roda dengan menggunakan kunci ring atau kunci socket. cara memperbaiki roda pagar

DSC05840

 

3. Setelah roda dilepas, jepit roda pada ragum lalu keluarkan bearing dengan cara mengetuk menggunakan penitik atau sesuatu yang tajam dan kuat. Pada roda yang sudah lama berkarat biasanya cukup sulit untuk mengeluarkan bearing, trik nya adalah dengan memberikan wd40 pada bagian yang berkarat. Jika masih sulit untuk dikeluarkan juga, kamu perlu memanaskan permukaan bearing menggunakan api las. cara mengeluarkan bearing roda pagar

DSC05844

DSC05845

 

4. Siapkan bearing baru sesuai ukuran, pilihlah bearing yang terdapat tutup untuk mencegah kotoran masuk ke dalam sehingga bearing akan lebih awet. Sebelum memasukan bearing baru, bersihkan permukaan roda dari karat menggunakan sikat besi agar bearing dapat masuk dengan mudah.

DSC05852

Jika sudah dibersihkan, masukan bearing baru kedalam roda. Agar tidak merusak bearing baru, letakan bearing lama diatas bearing baru lalu pukul menggunakan palu hingga masuk.

cara mengganti bearing roda pagar

DSC05850

Gunakan cara yang sama untuk mengganti bearing-bearing pada roda lainnya. Pada pagar yang saya kerjakan terdapat 4 buah as roda, masing-masing as roda terdapat 4 buah roda dimana terdapat 2 bearing pada masing-masing roda sehingga saya membutuhkan 16×2 = 32 buah bearing 6201 rs (ukuran bearing yang kamu miliki mungkin berbeda). Biasanya pada bearing selalu tertera kode ukuran bearing, tetapi bisanya pada bearing yang telah berkarat kode ini sudah tidak terbaca. Bawalah bearing lama ke toko penjual bearing untuk mendapatkan ukuran yang sama seperti aslinya.

5. Setelah semua bearing roda diganti, lepas as roda dari pagar untuk mempermudah memasang kembali roda-roda. Potong as/baut pada bagian tengah as roda menggunakan mesin gerinda.

DSC05855

DSC05856

as roda pagar

Pasang kembali roda-roda pada tempatnya, lalu masukan baut dan ring untuk mengganjal roda agar tetap ditengah.

memasang roda pagar

 

6. Langkah terakhir adalah memasang dan menyetel kembali as roda pada pagar. siapkan baut berukuran 1/2” x 5” dan 3 buah mur 1/2”, Selanjutnya pasang pada pagar dan as roda mengikuti gambar. Dengan cara ini kamu tidak perlu menggunakan alat las untuk memperbaiki roda pagar. Mur dan baut juga berfungsi untuk menyetel jarak antara roda dengan pagar. Jika jarak antara roda dengan pagar terlalu dekat, maka roda akan mudah lepas dan keluar dari rel, sebaliknya jika terlalu jauh pagar akan menjadi berat saat dibuka/ditutup.

as roda pagar

Mudah kan? dengan mengerjakan sesuatu sendiri, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih baik daripada yang dikerjakan oleh tukang dan menghemat ratusan ribu rupiah. Dengan Pakeotac, mengerjakan sesuatu menjadi mudah 😀

Tags: , ,