Cara menambal lantai mobil keropos

DSC08865 (2)Jika kamu adalah pemilik mobil tua, pastinya kamu menemukan adanya karat atau keropos di mobil tersebut. Penyebab karat pada mobil sebenarnya sederhana, cat/pelindung besi terkelupas sehingga besi terekspos sehingga timbul karat. Jika dibiarkan, karat akan semakin menyebar dan menyebabkan plat pada body mobil semakin tipis bahkan berlubang. Jika sudah parah, satu-satunya solusi terbaik adalah memotong bagian yang keropos dan menggantinya dengan plat baru. Di artikel ini saya akan menunjukan bagaimana cara untuk memperbaiki/mengganti sendiri lantai mobil yang keropos.

BAHAN & ALAT:

  1. Plat galvanis 1,2mm
  2. Las oxy-acythelene
  3. Palu
  4. Gerinda/gunting plat
  5. Penggaris & pensil

CARA MENGERJAKAN:

1. Pertama-tama tandai bagian keropos yang akan dibuang. Agar pemotongan lebih mudah,bagian yang dipotong dibuat berbentuk persegi.

DSC08867

 

2. Setelah itu potong bagian yang sudah diberi tanda menggunakan gerinda potong. Saya menggunakan mata gerinda dengan ketebalan 1mm agar hasil pemotongan lebih cepat.

DSC08868

DSC08869

 

3. Selanjutnya siapkan plat galvanis 1,2 mm lalu gunakan hasil potongan lama sebagai template/contoh ukuran dan potong menggunakan gerinda.

DSC08871

 

4. Sebelum memasang plat baru, akan lebih baik jika kita membuat tekukan pada plat tersebut agar lebih kuat. Seharusnya kita bisa memberi tekukan pada plat menggunakan alat bernama bead roller, tetapi karena saya tidak memilikinya saya menggunakan palu dan pahat batu untuk membuat tekukan pada plat. Letakan plat pada atas balok kayu, lalu palukan pahat pada plat hingga plat terbentuk.

DSC08873

DSC08874

Setelah plat terbentuk seperti gambar diatas, plat akan menjadi sangat sulit untuk ditekuk sehingga lantai mobil akan menjadi kuat seperti asal mulanya.

 

5. Setelah itu pasang plat pada lantai mobil, lalu las menggunakan las oksi-asitelin. Teknik yang perlu diperhatikan saat mengelas adalah jangan langsung mengelas sekaligus panjang, tetapi buatlah titik las pada seluruh sisi terlebih dahulu agar posisi plat tidak bergeser akibat distorsi.

DSC08876

Buat titik pengelasan diseluruh sisi sebanyak-banyaknya.

DSC08881

Karena las oksi-asitelin menghasilkan panas tinggi, setelah beberapa titik pengelasan tunggu hingga temperatur plat menurun karena jika dibiarkan panas terus-menerus akan menimbulkan warping (perubahan bentuk). Perubahan bentuk yang dimaksudkan adalah bagian lantai bisa menjadi cekung atau menjadi cembung.

DSC08972

Setelah pengelasan selesai, bersihkan permukaan hasil pengelasan menggunakan sikat besi. Walaupun plat galvanis tidak mudah berkarat, bagian coating/lapisan galvanis pada plat yang telah dilas akan terlepas sehingga tetap akan mudah berkarat jika terkena air, jadi lapiskan cat primer dan dilanjutkan dengan base coat untuk mencegah karat. Akan lebih baik jika pada bagian bawah, dilapisi dengan rubber coating.

DSC08973

Tags: , , ,